Alat Pemasaran Menurut Kotler
Menurut
Kotler dan Keller (2008:4) 7P didefinisikan sebagai berikut:
1)
Product (produk)
Definisi
produk menurut Kotler adalah:
“A product is a thing that can be offered to
a market to satisfy a want or need”. Produk adalah segala sesuatu yang
dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan
konsumen. Produk dapat berupa sub kategori yang menjelaskan dua jenis seperti
barang dan jasa yang ditujukan kepada target pasar.
2)
Price (harga)
Definisi harga menurut Kotler
adalah:
“Price is the amount of money charged for a
product or service”. Harga adalah sejumlah uang yang mempunyai nilai tukar
untuk memperoleh keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau
jasa.
Harga merupakan bauran pemasaran
yang bersifat fleksibel di mana suatu harga akan stabil dalam jangka waktu
tertentu tetapi dalam seketika harga dapat meningkat atau menurun yang terdapat
pada pendapatan dari hasil penjualan.
3)
Place (tempat)
Definisi menurut Kotler mengenai
distribusi adalah:
“The various the company undertakes to make
the product accessible and available to target customer”.
Tempat memiliki peranan yang
sangat penting dalam membantu perusahaan guna memastikan produknya. Tempat
merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat
produknya mudah diperoleh dan tersedia pada konsumen sasaran. Hal ini
dikarenakan tujuan dari tempat adalah menyediakan barang dan jasa yang
dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.
4)
Promotion (promosi)
Definisi promosi menurut Kotler
adalah:
“Promotion includes all the activities the
company undertakes to communicate and promote its product the target market”.
Promosi adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Promosi dilakukan dengan
menggunakan alat-alat promosi yang ada sebagai cara untuk memperkenalkan suatu
produk atau jasa.
5)
People (orang)
Orang menurut Kotler yaitu:
“Proses
seleksi, pelatihan, dan pemotivasian karyawan yang nantinya dapat digunakan
sebagai pembedaan perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan”.
6)
Physical evidence (bukti fisik)
Bukti fisik menurut Kotler yaitu:
“Bukti
yang dimiliki oleh penyedia jasa yang ditujukan kepada konsumen sebagai usulan
nilai tambah konsumen. Bukti fisik merupakan wujud nyata yang ditawarkan kepada
pelanggan ataupun calon pelanggan”.
7)
Process (proses)
Proses menurut Kotler yaitu:
“Semua prosedur
aktual, mekanisme dan aliran aktivitas dengan mana jasa disampaikan yang
merupakan sistem penyajian atas operasi jasa”.
ada yang 4p gak min? saya ada artikelnya nih coba deh di lihat strategi pemasaran 4 P
ReplyDelete