Monday 18 April 2016

Daftar Situs Cagar Budaya Kota & Kabupaten Bogor Tahun 2012

Nama Situs                     : Istana Presiden  Bogor
Alamat                             : Jl. H. Juanda                                    
Desa/Kelurahan               : Paledang                                          
Kecamatan                       : Bogor Tengah
Kabupaten/Kota               : Bogor                                                 
Koordinat UTM               : 06°35'52,9” LS dan 106°47'43,4” BT
Luas Lahan                       : 28,4 H
Luas Bangunan                : ± 14892 m²
Batas Situs                        :
Utara                            : Kebun Raya Bogor
Selatan                         : Jl. Jalak Harupat
Timur                           : Kali Ciliwung
Barat                            : Kebun Raya Bogor
Pemilik / Pengelola          : Pemerintah
Deskripsi               : Istana Bogor dahulu bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti “tanpa kekhawatiran”. Sejak tahun 1870 hingga 1942 merupakan tempat kediaman  resmi  dari  38  Gubernur  Jenderal  Belanda  dan  satu  orang Gubernur Jenderal Inggris. Tahun 1744 Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff terkesima akan kedamaian sebuah kampung kecil di Bogor (Kampung Baru), sebuah wilayah bekas Kerajaan Pajajaran yang terletak di hulu Batavia. Van Imhoff mempunyai rencana membangun wilayah tersebut sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal. Istaana Bogor dibangun bulan Agustus tahun 1744 dan berbentuk  tingkat  tiga,  pada  awalnya  merupakan  sebuah  rumah peristirahatan. Ia sendiri yang membuat sketsa dan membangunnya dari tahun 1745-1750, mencontoh arsitektur Blehheim Palace, kediaman Duke Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Berangsur-angsur seiring dengan waktu  perubahanperubahan  kepada  bangunan  awal  dilakukan selama masa  Gubernur Jenderal  Belanda  maupun  Inggris(Herman Willem Daendels dan Sir Stamford Raffles). Bentuk bangunan Istana Bogor telah mengalami berbagai perubahan sehingga yang tadinya merupakan rumah peristirahatan berubah menjadi bangunan istana paladian.
Namun  musibah  datang 10 Oktober 1834 gempa  bumi  mengguncang akibat meletusnya gunung Salak sehingga Istana rusak berat. Tahun 1850, Istana Bogor dibangun kembali tetapi tidak bertingkat karena disesuaikan dengan daerah yang sering gempa. Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Jacob Dijmayer van Twist (1851-1856) bangunan lama sisa gempa dirubuhkan dan dibangun dengan mengambil arsitektur Eropa abad ke-19 tahun 1870. Istana BUitenzorg dijadikan tempat kediaman resmi dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Penghuni terakhir istana Buitenzorg adalah Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborg Stachourwer yang terpaksa harus menyerahkan istana kepada Imamura pemerintah pendudukan Jepang. Tahun 1950 setelah masa  kemerdekaan Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia dan resmi menjadi salah satu Istana Presiden Indonesia.






                               Istana Bogor merupakan salah satu dari enam istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. Luas bangunan kompleks istana Bogor 14.892 m² dengan luas halaman 28,4 ha. Sebelumnya istana Bogor dilengkapi dengan kebun besar yang dikenal dengan Kebun Raya Bogor. Sesuai dengan kebutuhan tentang pusat pengembangan ilmu pengetahuan tanaman tropis kemudian Kebun Raya dilepas dari naungan istana pada tahun 1817.
Bangunan Induk Istana Bogor terdiri dari:
1.         Bangunan induk istana, berfungsi untuk menyelenggarakan acara kenegaraan resmi, pertemuan dan upacara.
2.         Sayap kiri bangunan memiliki enam kamar tidur, digunakan untuk menjamu tamu Negara asing.
3.         Sayap  kanan  bangunan  dengan  empat  kamar  tidur  hanya diperuntukkan bagi kepala Negara yang datang berkunjung.
4.         Pada tahun 1964 dibangun khusus bangunan yang dikenal dengan nama  Dyah  Bayurini  sebagai  ruang  peristirahatan  presiden  dan keluarganya, bangunan ini termasuk lima paviliun terpisah.
5.         Kantor pribadi Kepala Negara.
6.         Perpustakaan.
7.         Ruang makan.
8.         Ruang sidang menteri-menteri dan ruang pemutaran film.
9.         Ruang garuda sebagai tempat upacara resmi.
10.     Ruang teratai sebagai sayap tempat penerimaan tamu Negara.

 
 
Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai tinggalan purbakala yang  memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.












Nama Situs                      : Stasiun Kereta Api Bogor
Alamat                              : Raja Pernas No. 1                         
Desa/Kelurahan                : Paledang                                          
Kecamatan                        : Bogor Tengah
Kabupaten/Kota               : Bogor                                                 
Koordinat UTM               : 06°35'52,9” LS dan 106°47'43,4” BT
Luas Lahan                       : 5 ha
Luas Bangunan                : 375 m²
Batas Situs                        :
Utara                           : Pertokoan
Selatan                        : Pasar tradisional
Timur                          : Taman Topi
Barat                            : Jalan raya
Pemilik / Pengelola          : PT. KAI
Deskripsi                              : Bangunan ini berdenah konsentris, terdiri atas 5 bagian dan yang utama terletak di tengah. Ciri utama pada lokal pertama adalah tiga buah pintu yang berbentuk lengkung pada lubang anginnya. Daun pintu dan lubang angin berelief, terbuat dari bahan logam. Ciri utama lokal kedua adalah tujuh  buah  pintu  yang  berjajar  dari  selatan  ke  utara.  Lokal  ketiga merupakan  bangunan  utama  (ruang  VIP),  pada  bagian paling  timur terdapat kanopi yang disangga oleh pilar-pilar tinggi berbentuk lengkung dimana pada sisi timur dan barat  digunakan  untuk  pemberhentian kendaraan  khusus bagi  pejabat  Belanda.  Pada  bagian  gable  terdapat inskripsi yang  bertuliskan  "1881  Bogor",  yang  menunjukkan  tahun peresmian stasiun ini. Ciri utama lokal ke empat adalah tujuh pintu yang berjajar dari selatan ke utara. Sedangkan pada lokal ke lima terdapat tiga pintu yang berbentuk lengkung pada  lubang  anginnya,  berelief dan terbuat dari logam. Bangunan ini memiliki luas 1239,75 m2.


Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.









Nama Situs                      : Kantor IPB Taman Kencana
Alamat                              : Jl. Taman Kencana Nomor 3
Desa/Kelurahan                : -                                                           
Kecamatan                        : -
Kabupaten/Kota                : Bogor                                                 
Koordinat UTM                : 06°35'18,2” LS dan 106°48'05,8” BT
Luas Lahan                        : 3,5 ha
Luas Bangunan                 : 576 m²
Batas Situs                         :
Utara                             : Jl. Ciremai
Selatan                          : Jl. Salak
Timur                             : Jl. Burangrang
Barat                              : Jl. Ciremai
Pemilik / Pengelola            : Pemerintah
Deskripsi                      : Bangunan berdiri di atas batur tinggi dengan denah empat persegi panjang. Atap berbentuk trapezium, façade bagian atas terdapat voorschot berupa papan  kayu  yang  disusun  vertical.  Dinding  bagian  bawah  terdapat masonary dari batu kali.

  
Berdasarkan hasil penilaian, situs ini dinyatakan sebagai tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

















 






Nama Situs                      : Balai Kota Bogor
Alamat                              : Jl. Ir.H.Juanda No. 10                   
Desa/Kelurahan                : Pabaton                                            
Kecamatan                        : Bogor Tengah                                 
Koordinat UTM                : 06°35'18,2” LS dan 106°48'05,8” BT
Luas Lahan                        : ± 9.060 m²
Luas Bangunan                 : 264 m²
Kabupaten/Kota                : Bogor                                                 
Batas Situs                         :
Utara                             : Hotel Salak
Selatan                          : Perkantoran
Timur                            : Jl. Ir.H.Juanda
Barat                              : Jl. Gedong Sawah
Pemilik / Pengelola            : Pemerintah
Deskripsi                  : Dibangun pada tahun 1868. Pakuan sebagai pusat pemerintahan Kerajikan Sunda Pajajaran yang terkenal pada pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja) yang penobatannya tepat pada tanggal 3 Juni 1482, selanjutnya  dijadikan  hari  jadi  Bogor.  Karena  sejak  tahun  1973  telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten dan Kota Bogor sebagai hari jadi Bogor dan  selalu  diperingati  setiap  tahunnya.  Sejak  itu,  bangunan  tersebut digunakan sebagai Balai Kota Bogor dan terus membenahi perkantoran Pemerintah Kota Bogor  dengan  membangun  beberapa gedung perkantoran yang berada di bagian belakang Gedung Balai Kota Bogor.
                                  Bangunan Balai Kota Bogor berbentuk segi empat menghadap ke arah jalan (selatan), dan memiliki halaman yang cukup luas dengan pintu masuk halaman dari dua pintu masuk-keluar. Bangunan ini diberi cat warna putih dan  dibagian  muka  gedung  memiliki  pilar-pilar  ramping  yang indah sehingga tampak terkesan bangunan megah. Atap bangunan tidak tinggi, relatif  rendah.  Sedangkan  pada  bagian  badan  bangunan diberi  profil geometrik pada bagian-bagian dahi jendela dan pintu. Pada bagian kaki bangunan (rendah) diberi batu alam. Gedung ini dimanfaatkan sebagai kantor Walikota Bogor. Begitu juga  beberapa  perkantoran  Kota  Bogor terdapat  pada  bagian  belakang  yang  merupakan bangunan tambahan (baru tidak menempel pada bangunan lama).


Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




Nama Situs                      : Kantor Lingkungan Hidup
Alamat                              : Jl. Paledang No. 43                       
Desa/Kelurahan                : -                                                           
Kecamatan                        : Bogor Tengah
Kabupaten/Kota               : Bogor                                                 
Koordinat UTM               : 06°36'03,5” LS dan 106°47'33,9” BT
Luas Lahan                       : ± 9.060 m²
Luas Bangunan                : 264 m²
Batas Situs                        :
Utara                            : Pemukiman - Jalan Raya
Selatan                         : -
Timur                           : Sekolah Dasar
Barat                            : Kantor Advokad
Pemilik / Pengelola          : Pemerintah
Deskripsi                   : Bangunan Kantor Lingkungan Hidup milik Pemerintah Daerah Kota Bogor. Atap  berbentuk  limasan.  Bangunan  berupa  rumah  panggung  dengan arsitektur  perpaduan  antara  kolonial dan tradisional.  Berdiri di atas batur tinggi dengan denah berbentuk bujur sangkar. Façade bangunan terdapat serambi yang disangga tiang-tiang besi  berbentuk bulat dengan konsol- konsul berbentuk stiliran. Pintu utama berbentuk setangkup dan berdaun pintu dari bahan kayu massif. Di atas ambangnya terdapat fronton dengan bagian atapnya disangga tiang Doric persegi dikombinasikan dengan pola takik-takik.  Jendela  tinggi  besar  dengan  model  setangkup  ganda,  dan dalamnya berupa kaca berbingkai. Pada sisi kiri kanan bangunan terdapat selasar yang disangga tiang berorder Doric. Basement berdinding roster yang berfungsi sebagai lubang angin.
  
Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




 






Nama Situs                      : Rumah Potong Hewan
Alamat                              : Pemuda nomor 29 RT/RW 01/06
Desa/Kelurahan                : Tanah Sereal                                   
Kecamatan                        : Tanah Sereal
Kabupaten/Kota                : Bogor                                                 
Koordinat UTM                : 06°34'19,5” LS dan 106°47'49,7” BT
Luas Lahan                        : ± 300 m²
Luas Bangunan                 : ± 250 m²
Batas Situs                         :
Utara                             : Jalur Kereta Api
Selatan                          : Jl. Pemuda 29
Timur                             : Bekas bangunan BPMPP
Barat                              :  Jl. Pemuda
Pemilik / Pengelola            : Pemkot Bogor
Deskripsi                       : Bangunan rumah potong hewan ini milik pemerintah kota Bogor dan berdiri pada tahun 1928.
                                Bangunan rumah potong hewan terdiri dari lima bangunan, dan beratap bentuk limasan. Bangunan pertama berdiri di atas batur tinggi denahnya persegi, difungsikan sebagai kantor. Bagian façade bangunan terdapat porch. Façade terdapat pagar langkan/teras kecil berlantai ubin warna merah. Pintu masuk dari kaca berbingkai kayu, di depan pintu masuk terdapat teritisan dengan balustrade pelengkung. Dinding bawah bagian luar terdapat masonary dari bahan batu kali. Bangunan kedua, posisinya berada di belakang bangunan pertama, bagian depan bawah terdapat masonary, dinding atas sisi kiri terdapat lubang angin (bulls eye). Bangunan ini diperuntukkan memotong ternak babi. Bangunan ketiga berada di belakang  sisi  kanan  bangunan  pertama,  berupa bangunan  terbuka, menggunakan  plafon asbes,  berkonstruksi  besi  dan  beratap  limasan. Bagian  atas  terdapat  pilar-pilar  persegi  yang merupakan konstruksi bangunan. Lantai teras dan tempat penyembelihan asli yaitu dari bahan batu andesit.  Setelah hewan  disembelih  kemudian  ditempatkan  pada gantungan  dari  bahan  besi  dan  terdapat  inskripsi  sthohree  leonbear WTTBG tragkraft.


Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.





Nama Situs                      : Rumah Sakit Marzoeki Mahdi
Alamat                              : Jl. Dr. Sumeru No. 114                
Desa/Kelurahan                : Benteng                                           
Kecamatan                        : Bogor Barat
Kabupaten/Kota               : Bogor                                                 
Koordinat UTM               : 06°34'19,5” LS dan 106°47'49,7” BT
Luas Lahan                       : 572.026 m²
Luas Bangunan                 : 34.035,56 m²
Batas Situs                         :
Utara                             : Lahan persawahan
Selatan                          : Jl. Sumeru
Timur                            : Pemukiman penduduk
Barat                              : Asrama Akper
Pemilik / Pengelola          : Pemerintah
Deskripsi                  : Rumah sakit ini milik Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Lantai dahulu  berupa  tegel  warna  abu-abu, tetapi  pada  tahun  1980  diganti dengan keramik putih. Atap berbentuk limasan. Rumah sakit ini dahulu diperuntukkan bagi orang sakit jiwa. Bangunan rumah sakit diresmikan.
                                 Secara  umum  bangunan  berdiri  di  atas  batur  tinggi  dengan  denah bangunan  berbentuk  bujur  sangkar.  Pintu  dan  jendela  bermodel setangkup  ganda,  juga  terdapat  pintu  lengkung (archade)  tanpa  daun pintu.

  
Berdasarkan hasil penilaian, situs ini dinyatakan sebagai tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.












 





Nama Situs                      : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kota Bogor
Alamat                              : Jl. Veteran No. 45                         
Desa/Kelurahan                : Pamaragan                                      
Kecamatan                       : Bogor Tengah
Kabupaten/Kota               : Bogor
Koordinat UTM                : 06°35'43,5” LS dan 106°47'04,1” BT                         
Luas Lahan                       : ± 2000 m²
Luas Bangunan                 : ± 400 m
Batas Situs                         :
Utara                             : Jl. Veteran
Selatan                          : Pemukiman penduduk
Timur                             : Jl. Penerangan Aspol
Barat                              : Jl. Penerangan - Panggilingan
Pemilik / Pengelola             : Pemerintah /Departemen Keuangan Republik Indonesia
Deskripsi         : Bangunan didirikan pada tahun 1920, saat sekarang status kepemilikannya adalah  Departemen Keuangan  Republik Indonesia.
                                     Bangunan berdiri di atas batur tinggi dengan denah berbentuk bujur sangkar. Façade bangunan lantai bawah terdapat serambi yang disangga tiang berorder Doric, pintu masuk model setangkup tunggal. Dinding sisi kiri  dan  kanan  terdapat  konstruksi  tiang-tiang  semu  berorder  Doric sebagai konstruksi atap tritisan. Lantainya masih asli yaitu menggunakan tegel dengan berbagai variasi warna dan motif hias. Pada samping kanan bangunan terdapat pavilion, tampak depan terdapat serambi dan jendela kaca dari bahan kaca patri dengan pantai yang  masih asli yaitu ubin warna merah dan coklat.


Berdasarkan hasil penilaian, situs ini dinyatakan sebagai tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang  Cagar  Budaya  dan  telah  terdaftar  pada  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




 










Nama Situs                       : Gedung Blenong
Alamat                               : -                                                           
Desa/Kelurahan                : Tamansari                                        
Kecamatan                        : Tamansari                                        
Kabupaten/Kota               : Bogor
Koordinat UTM                : 06° 38' 59,9” LS dan  106° 45' 17,1” BT                    
Luas Lahan                        : 5250 m²
Luas Bangunan                 : 289 m²
Batas Situs                        :
Utara                            : Makam
Selatan                         : Makam
Timur                           : Makam
Barat                            : Makam
Pemilik                             : Perorangan
Deskripsi                          : Gedung Blenong sekarang digunakan untuk tempat tinggal keluarga H.K.M. Meitzi Farre yang bersuamikan Ernesto B. Farre. Ibu Meitzi adalah adik dari pahlawan nasional Kapten Piere Tendean.  Berdasarkan  penuturan  ibu Meitzi rumah ini dibeli   pada tahun 1984 oleh Ernesto B. Farre, yaitu suaminya. Pada awalnya gedung Blenong adalah rumah dinas perkebunan teh yang   dibangun secara bertahap dari tahun 1870-1872 oleh seorang arsitek dari Italia, kemudian selesai secara keseluruhan dan ditempati pada tahun 1887. Awalnya bangunan ini dipakai rumah dinas administrator NV. John Pert &Co  yang bernama Hn. Bakker hingga tahun 1928. Pada tahun 1928-1940 diganti oleh Gr. Henner. Sejarah ini disampaikan oleh Franz  Henner,  yaitu  anak  dari  Gr. Henner  yang  disampaikan kepada keluarga  H.K.M. Meitzi  Farre pada  saat  berkunjung/menengok  rumah Blenong yang pernah ditinggalinya. Dalam kunjungannya Franz Henner juga memberikan gambar berupa foto yang diambil pada sekitar tahun 1930-1939 ketika ia menempati rumah itu. Selain  itu ia juga membuat gambar/sket  denah  kondisi di sekitar rumah pada saat  ia  menempati rumah  itu.  Pada tahun 1940  keluarga  Gr.  Henner  pindah  ke  daerah Pengalengan. Untuk  selanjutnya  rumah  Blenong  dihuni  oleh  Jepang, setelah Indonesia merdeka bangunan  ini digunakan asrama Tentara kemudian asrama Polisi.
Gedung Blenong berdiri di atas batur tinggi dengan denah empat persegi, penutup atap berbentuk dome/kubah. Bangunan terletak di atas lahan seluas 5250 m². Tampak depan terdapat teras dengan denah segi lima yang ditopang oleh tiang berorder doric yang berdiri di atas pedestal. Diantara tiang-tiang terdapat lengkung/archade. Selain sebagai penyangga di teras, terdapat juga tiang-tiang yang berorde doric di sekeliling bangunan. Untuk masuk ke bangunan terdapat  undakan  dan  tiga  pintu masing-masing bagian  tengah samping  kanan  dan  samping  kiri.  Pintu  bagian  tengah merupakan pintu utama yang terdiri dari empat daun pintu masing-masing di dalam dua dan di luar dua. Daun pintu di luar berupa ram-ram/jelousi dan pintu bagian dalam berupa kaca berbingkai. Demikian juga pintu di samping kanan dan kiri yaitu sama dengan pintu utama, Pintu-pintu ini  pada bagian atasnya terdapat fronton berbentuk bingkai segitiga.
Fronton merupakan  unsur  hias  yang  populer  pada  bangunan  masa  klasik. Bangunanini terdiri dari lima ruangan. Dari ruang utama ke ruang tengah dan ke ruang belakang dihubungkan dengan pintu lengkung tanpa daun pintu/archade. Di ruang tengah sisi kiri dan kanan terdapat relung. Lantai ruang utama berupa marmer, sedangkan lantai kamar dari bahan keramik bermotif warna merah kombinasi hitan dan  abu-abu.  Plafon di ruang tengah dan kamar-kamar dari bahan kayu jati, sedangkan di ruang belakang dari bahan eternit.


Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat)  dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan telah terdaftar pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




Nama Situs                      : Rumah Tradisional Pancawati
Alamat                              : Jl. Veteran No. 15                        
Desa/Kelurahan                : Pancawati                                        
Kecamatan                        : Caringin                                            
Kabupaten/Kota               : Bogor
Koordinat UTM               : 06° 42' 45,3” LS dan  106° 51' 37,4” BT
                                           UTM.48 M 0705640, UTY. 9257633                        
Luas Lahan                       : 950 m²
Luas Bangunan                : 54 m²
Batas Situs                       :
Utara                           : Rumah penduduk
Selatan                        : Jl. Raya Pancawati / Jl. Veteran
Timur                          : Out Bound Lembur Pancawati
Barat                           : Rumah penduduk
Pemilik                            : Pribadi
Deskripsi                    :  Bangunan rumah tradisional Pancawati dibangun pada tahun 1822 oleh H. Achmad bin H. Musta, kemudian diturunkan ke anaknya yaitu H. Abdul Syukur bin H. Achmad, dari H. Abdul Syukur diturunkan lagi ke anaknya yaitu H. Yusuf Kamal bin H. Abdul Syukur, dan dari H. Yusuf pada tahun 2009 diturunkan ke cucunya yaitu Lilik Gozali sebagai pemilik sekarang.
Rumah  tradisional  Pancawati  berupa rumah panggung dengan  denah empat persegi, atap berbentuk limasan dengan penutup genteng kodok. Tampak depan berupa pendopo yang ditutup kaca pada bagian atasnya dan  kayu  ukiran  di  bagian  bawah. Bangunan  ini  terdiri  dari  empat ruang/kamar, berdinding anyaman bambu dengan kerangka bangunan dari bahan  kayu  nangka  dan berlantai  bambu yang ditutup bilik. Terdapat undak-undakan di bagian depannya. Luas bangunan 13 m x 9 m dan berdiri di atas tanah seluas 950 m² dan merupakan tanah hak milik. Bangunan ini dibangun tahun 1882 oleh H. Achmad bin H. Musta.

 

Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang  memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat)  dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan telah terdaftar pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.








Nama Situs                      : Rumah Tinggal Song Beng Tjoeij
Alamat                              : Jl. Letnan Sukarna                        
Desa/Kelurahan                : Ciampea                                           
Kecamatan                        : Ciampea
Koordinat UTM                : 06° 32' 29,9” LS dan  106° 41' 43,7” BT                    
Luas Lahan                       : 4000 m²
Luas Bangunan                 : 1000 m²
Kabupaten/Kota               : Bogor                                                 
Batas Situs                        :
Utara                            : Rumah penduduk
Selatan                         : Rumah penduduk
Timur                           : Jl. Letnan Sukarna
Barat                            : Rumah penduduk
Pemilik                              : Perorangan
Deskripsi                         : Bangunan ini dahulu berupa rumah panggung, kemudian pada tahun 1911 dibangun kembali oleh Song Beng Tjoeij. Pada tahun 2000 diperbaiki oleh cucunya, Song Giok Bun. Selesai pada tahun 2002. Renovasi diabadikan dalam prasasti di dinding depan serambi. Prasasti kiri bertuliskan: Song Tjoe Siet Renovasi 2002. Song Giok Lie. Tulisan tersebut bermaksud Song Tjoe Siet sebagai cucu dari Song Beng Tjoeij melakukan renovasi pada tahun 2002 atas biaya Song Giok Lie yang juga cucu Song Beng Tjoeij. Prasasti kanan bertuliskan : Song Beng Tjoeij nama pemilik rumah.
Bangunan  berdenah  empat  persegi, dengan  atap  berbentuk  pelana. Tampak depan terdapat serambi dengan tiang berorder doric. Untuk masuk ke ruang utama terdapat tiga pintu; tengah, kiri dan kanan yang terdiri dari dua daun pintu, bagian luar berupa ram/jelousi dan bagian dalam berupa kaca berbingkai. Dinding kiri dan kanan terdapat jendela model ram/jelousi pada bagian luar dan daun jendela dalam berupa kaca berbingkai serta teralis besi. Lantai bertegel abu-abu dengan variasi motif bunga hitam. Plafon dulu menggunakan anyaman kajang, tetapi saat dilakukan renovasi pada tahun 2002 diganti dengan eternit. Di bagian belakang samping kanan terdapat pintu lengkung/archade tanpa daun pintu.
  
Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang  memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan telah terdaftar pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




Nama Situs                      : Rumah Lim Kim Ho
Alamat                              : Jl. Letnan Sukarna                        
Desa/Kelurahan                : Ciampea                                           
Kecamatan                        : Ciampea                                           
Kabupaten/Kota               : Bogor
Koordinat UTM               : 06° 17' 32” LS dan  106° 41' 43,6”BT
                                           UTM. 48 M 0687468, UTY 9276589                         
Luas Lahan                       : ± 500 m²
Luas Bangunan                : 275 m²
Batas Situs                        :
Utara                            : Pemukiman penduduk
Selatan                         : Jl. Pasar Ciampea
Timur                           : Jl. Pasar Ciampea
Barat                            : Pemukiman penduduk
Pemilik                              : Lim Kim Ho
Deskripsi                    : Berdasarkan keterangan Song Giok Bun bangunan rumah Lim Kim Ho dahulu merupakan rumah milik anak perempuan P.R.v. Motman kemudian dijual. P.R.v. Motman adalah seorang berkebangsaan  Belanda  yang memiliki perkebunan di daerah Bogor, ia  juga seorang arsitek dan dikenal sebagai perancang bangunan gedung IPB di  daerah  Dramaga. Makam keluarga  P.R.v. Motman berada di  kampung  Pilar,  desa  Sibanteng, kecamatan Leuwisadeng.
Bangunan berdiri di atas pondasi  tinggi berdenah empat persegi. Atap berbentuk  limasan  ditutup  dengan  genteng  kodok  dan  plafon  dari anyaman bambu. Façade berupa teras dan terdapat undakan di sisi timur. Di  dinding  antara  atap  teras  dan  atap  penutup  bangunan  terdapat case window  berbentuk  persegi.  Di  samping  teras  terdapat  ruangan segilima yang menonjol dengan atap berbentuk segilima  dengan tiga jendela. Dinding bagian bawah terdapat masonary, yaitu susunan batu kali yang ditempelkan di dinding. Pintu utama berupa dua daun pintu, di bagian bawah berupa kayu massif dan atasnya berupa ram/jelousi. Lantai teras bertegel abu-abu dengan kombinasi kuning bertekstur kasar. 
  
Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang  memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat) dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan telah terdaftar pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.




Nama Situs                      : Pasir Angin
Alamat                              : Pasir Angin                                      
Desa/Kelurahan                : Cemplang                                        
Kecamatan                        : Cibungbulang
Kabupaten/Kota               : Bogor
Koordinat UTM               : 06°34'0452,4"LS dan 106°38'38,9" BT                      
Luas Lahan                       : 5 Ha
Luas Bangunan                : 3.7 Ha
Batas Situs                        :
Utara                            : Pemukiman penduduk dan jalan raya Leuwiliang-Bogor
Selatan                         : Sungai Cianten
Timur                           : Pemukiman penduduk
Barat                            : Pemukiman penduduk
Pemilik                              : Pemerintah
Deskripsi                   : Situs Pasir Angin ditemukan pada tahun 1957. Pada tahun 1971 sampai dengan 1975 dilakukan ekskavasi oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Situs ini diasumsikan sebagai situs prasejarah dari masa perundagian ± 1500 SM. Pada tahun1976 dibangun site museum di situs Pasir Angin.
                                Temuan  dari  situs  Pasir  Angin  diantaranya berupa  kapak  perunggu berbentuk  ekor  sriti (candrasa),  tongkat  perunggu,  bandul  kalung perunggu,  manik-manik  batu  dan  kaca,  ujung  tombak,  kapak  besi, gerabah, dan alat-alat obsidian.

 

Berdasarkan  hasil  penilaian,  situs  ini  dinyatakan  sebagai  tinggalan purbakala yang memenuhi kriteria sebagai Cagar Budaya Tingkat Provinsi (Jawa Barat)  dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan telah terdaftar pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.















1 comment: