Tuesday 29 March 2016

Contoh Penulisan Abstract pada Skripsi

ABSTRAK

Arie Firmansyah, 11.1.0.23.1.016
Strategi Promosi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Pada Balai Pengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah, dan Nilai Tradisional
Skripsi, xi halaman, 104 halaman

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) merupakan salah satu museum yang terdapat di Kota Bandung, Museum tersebut bila ditinjau dari segi materi pameran merupakan museum sejarah yang menceritakan Perjuangan Rakyat Jawa Barat pada masa lalu. Oleh karena itu, museum tersebut menjadi penting untuk dikaji dalam rangka memberikan informasi sejarah perjuangan pada masyarakat, dengan demikian museum yang belum terlalu diketahui keberadaannya oleh masyarakat, menjadi diketahui oleh masyarakat sehingga penelitian ini berguna dalam rangka pengembangannya.
            Penelitian kualitatif  bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif, sehingga penelitian kualitatif memerlukan wawancara dan studi dokumentasi untuk bisa menangkap apa yang dimaksud oleh responden pada saat penelitian. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif,  karena pada penelitian ini penulis mendeskriptifkan strategi promosi monument perjuangan rakyat Jawa Barat pada Balai Pengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisional.
            Pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis SWOT pada IFAS menujukkan skor totalnya 2,47 sedangkan pada EFAS skor totalnya 3,13. Hasil ini menunjukkan bahwa monumen perjuangan rakyat Jawa Barat pada posisi tumbuh dan membangun. Hal ini dikarenakan peluang-peluang yang ada untuk mempromosikan monju lebih kuat dari pada ancaman-ancaman yang dihadapinya. Sedangkan untuk strategi promosi monumen perjuangan rakyat Jawa Barat pada Balai Pengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisional (BPKSNT) masih kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang meyebabkan promosi belum bisa optimal seprti: koleksi yang masih kurang, SDM di bidang pemasaran belum ada, kelengkapan prasarana masih kurang.
            BPKSNT harus mampu memanfaatkan berbagai media promosi dari berbagai strategi promosi yang ada. Untuk mencapai tujuan dengan menjadikan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Sebagai Monumen Berkelas Nasional Kebanggaan Jawa Barat. BPKSNT harus mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada dan memanfaatkan kekuatan guna menghindari berbagai ancaman dan meminimalisir kelemahan sebagai upaya untuk melaksanakan strategi dalam mempromosikan monju.








ABSTRACT
Arie Firmansyah, 11.1.0.23.1.016
Promotion Strategies of West Java Struggle Monument by the West Java Centre for Ancient History and Traditional Values
Final Script, xi pages, 104 pages
The Museum of West Java Struggle Monument (Monju) is one of the museums located in Bandung City. It exhibits materials that tell the history of West Javanese Struggle in the past. This research is expected to be able to take part in its development and to disseminate and publicize information on the history of the West Javanese struggle to the society.
This research employed an inductive, descriptive qualitative method. The data were obtained through interviews to some informants and documentary reviews. The researcher’s perspectives on the process and meanings were highlighted.  This research also used a descriptive analysis to portray the promotion strategies of West Java Struggle Monument at the West Java Centre for Ancient History and Traditional Values​​.
The research SWOT analysis result showed that the IFAS gained the score 2.47 and the EFAS 3.13. These scores indicated that the West Java Struggle Monument was in the position of growing and developing. The existing opportunities to promote the monument were stronger than its potential threats. Meanwhile, the promotion strategy of West Java Struggle Monument by the West Java Centre for Ancient History and Traditional Values was still minimal. This was caused by several factors that led to the promotion not optimal, such as the lacking quantities of collections, the unavailability of human resources in the field of marketing, and less supporting infrastructures.
            The researcher recommends that the West Java Centre for Ancient History and Traditional Values should be able to utilize a variety of existing promotion media to make the monument as the National Pride of West Java. It also should be able to take advantage of existing opportunities and harness the strengths to avoid threats and minimize the weaknesses in an effort to promote the monument.









No comments:

Post a Comment