Monday 28 March 2016

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Tujuan Promosi

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu unsur dalam manajemen pemasaran dan sering disebut proses “berlanjut”, karena promosi dapat menimbulkan rangkaian selanjutnya. Salah satu kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah menginformasikan produk yang dihasilkannya kepada konsumen, membujuk, menimbulkan minat serta mempengaruhi untuk melakukan pembelian, kegiatan seperti yang dimaksud tersebut merupakan kegiatan promosi.
Menurut Tjiptono (2008: 219), promosi adalah:
“Suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan”.

Sedangkan menurut Menurut Alma (2007: 179), Promosi adalah:
“Sejenis komunikasi yang memberikan penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa”.
Kegiatan promosi memiliki tujuan tertentu yang pada akhirnya dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada apa yang akan dipromosikan. Menurut Tjiptono (2008: 219), tujuan promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan. Secara rinci ketiga tujuan promosi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1)      Menginformasikan (informing), dapat berupa:
a)   Menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru.
b)   Memperkenalkan cara pemakaian baru dari suatu produk.
c)   Menyampaikan perubahan harga kepada pasar.
d)   Menjelaskan cara kerja suatu produk.
e)   Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh perusahaan.
f)    Meluruskan kesan yang keliru.
g)   Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli.
h)   Membangun citra perusahaan.
2)      Membujuk (persuading) untuk:
a)   Membentuk pilihan merek.
b)   Mengalihkan pilihan ke merek tertentu.
c)   Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk.
d)   Mendorong pembeli untuk belanja saat itu juga.
e)   Mendorong pembeli untuk menerima kunjungan wiraniaga (salesman).
3)      Mengingatkan (remind), dapat berupa:
a)   Mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat.
b)   Mengingatkan pembeli akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan.
c)   Membuat pembeli tetap ingat walaupun tidak ada kampanye iklan.
d)   Menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan.

Dengan demikian promosi adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau tidak langsung mengenai suatu produk atau jasa.

No comments:

Post a Comment