Monday 28 March 2016

Pengertian Analisis SWOT, Analisis SWOT

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Rangkuti (2009: 18), mengemukakan bawa:
“Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk memutuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunity), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threat)”.

Selanjutnya David (2012: 327), mengemukakan pendapatnya bahwa SWOT adalah:
“Sebuah alat pencocokan yang penting yang membantu para manajer mengembangkan empat jenis strategi: Strategi SO (kekuatan-peluang), strategi WO (kelemahan-peluang), strategi ST (kekuatan-ancaman), dan strategi WT (kelemahan-ancaman)”.

1)   Strategi SO (SO Strategis) memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk menarik keuntungan dari peluang eksternal.
2)  Strategi WO (WO Strategis) bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara mengambil keuntungan dari peluang eksternal.
3)   Strategi ST (ST Strategis) menggunakan kekeuatan sebuah perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.
      Strategi WT (WT Strategis) merupakan taktif defensif yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan               internal serta menghindari ancaman eksternal.

No comments:

Post a Comment