Analisis
SWOT
Analisis SWOT adalah metode
perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat)
dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang
membentuk akronim SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat).
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau
proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan
yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Rangkuti (2009: 18), mengemukakan
bawa:
“Analisis SWOT adalah identifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk memutuskan strategi perusahaan. Analisis
ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunity), namun secara bersamaan
dapat meminimalkan kelemahan (weakness)
dan ancaman (threat)”.
Selanjutnya David (2012: 327),
mengemukakan pendapatnya bahwa SWOT adalah:
“Sebuah
alat pencocokan yang penting yang membantu para manajer mengembangkan empat
jenis strategi: Strategi SO (kekuatan-peluang), strategi WO (kelemahan-peluang),
strategi ST (kekuatan-ancaman), dan strategi WT (kelemahan-ancaman)”.
1) Strategi
SO (SO Strategis) memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk menarik
keuntungan dari peluang eksternal.
2) Strategi
WO (WO Strategis) bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara
mengambil keuntungan dari peluang eksternal.
3) Strategi
ST (ST Strategis) menggunakan kekeuatan sebuah perusahaan untuk menghindari
atau mengurangi dampak ancaman eksternal.
Strategi WT (WT
Strategis) merupakan taktif defensif yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman eksternal.
No comments:
Post a Comment