Monday 28 March 2016

Pengertian Manajemen Strategi, Manajemen Strategi

Manajemen Strategi
Manajemen strategi merupakan suatu proses yang dinamik karena berlangsung secara terus-menerus dalam suatu organisasi. Setiap strategi selalu memerlukan peninjauan ulang dan bahkan mungkin perubahan dimasa depan. Salah satu alasan utama mengapa demikian halnya ialah karena kondisi yang dihadapi oleh satu organisasi, baik yang sifatnya internal maupun eksternal selalu berubah-ubah. Dengan kata lain strategi manajemen dimaksudkan agar organisasi menjadi satuan yang mampu menampilkan kinerja tinggi karena organisasi yang berhasil adalah organisasi yang tingkat efektivitas dan produktivitasnya makin lama makin tinggi.
Manajemen strategi menurut Lawrence R. Jauch & W.F Glueck (Purwanto, 2007: 75), mengemukakan bahwa:
”Strategic management is stream of decision and action which development of an affective strategies to help achieve corporate objective.”

Manajemen strategi dapat diartikan sebagai sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.
Menurut Suwarsono (2000: 6), bahwa:
”Manajemen strategi dapat diartikan sebagai usaha manajerial menambah kembangkan kekeuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan”.

Sedangkan menurut David (2012:5), manajemen strategis didefinisikan sebagai:
“Seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya.


Secara tersirat, manajemen strategis berfokus pada mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi atau operasional penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi.

No comments:

Post a Comment