PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI
Administrasi sebagimana yang
dikemukakan oleh Wayong (Moekijat, 2007: 29), sebagai berikut:
“Administrasi dalam
arti sempit dikenal dalam pengertian tata usaha, yakni pekerjaan yang bersifat
tulis-menulis. Sesungguhnya fungsi tata usaha adalah pencatatan segala sesuatu
yang terjadi untuk digunakan sebagai bahan keterangan bagi pimpinan pekerjaan.”
Administrasi
sebagimana yang dikemukakan oleh Sudriamunawar (2002: 2) bahwa:
“Proses kerjasama antara dua atau
lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya”.
Di samping itu, menurut Siagian (2002:
3), menyatakan bahwa didalam administrasi terkandung pada tiga pengertian
yaitu:
“Pertama, administrasi sebagai
seni. Kedua, administrasi mempunyai
unsur-unsur tertentu, yaitu adanya dua manusia atau lebih, adanya tujuan yang
hendak dicapai, adanya tugas-tugas yang hendak dilaksanakan, adanya peralatan
dan perlengkapan, termasuk didalamnya waktu, tempat dan sebagainya Ketiga, adanya proses kerjasama bukan
hal yang baru karena ia timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia”.
Selanjutnya Pasolong
(2007: 3), mengemukakan pendapatnya bahwa:
“Administrasi adalah pekerjaan
terencana yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama untuk mencapai
tujuan atas dasar efektif, efisien dan rasional”.
Kemudian Tead (2003
:3), menyatakan administrasi adalah:
“Conceived at the necessary activities of individuals (executives) in an
organization who are charged with ordering, forwarding, and facilitating the
associate efforts of group of individuals brought together to realize certain
defined purpose.”
Pendapat tersebut
dapat diartikan bahwa administrasi meliputi kegiatan-kegiatan yang harus
dilakukan oleh pejabat-pejabat dalam suatu organisasi yang bertugas mengatur,
memajukan, dan melengkapi usaha kerjasama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun
untuk mencapai tujuan tertentu.
Lebih lanjut Newman
(2004: 2), menyatakan bahwa:
“Administration has been defined as the guidance, leadership and control
of the effort of a group of individuals towards some command goal.”
Maksud pendapat diatas
bahwa administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan, dan
pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan.
Berdasarkan
pengertian-pengertian administrasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
administrasi adalah keseluruhan kerjasama yang dilakukan secara terarah dalam
organisasi, sesuai dengan ciri dan fungsinya masing-masing dalam suatu wadah
dengan menggunakan dan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia untuk mencapai
suatu tujuan yang telah ditentukan bersama secara efektif dan efisien.
(y)
ReplyDelete