Monday 28 March 2016

PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI

Administrasi sebagimana yang dikemukakan oleh Wayong (Moekijat, 2007: 29), sebagai berikut:
“Administrasi dalam arti sempit dikenal dalam pengertian tata usaha, yakni pekerjaan yang bersifat tulis-menulis. Sesungguhnya fungsi tata usaha adalah pencatatan segala sesuatu yang terjadi untuk digunakan sebagai bahan keterangan bagi pimpinan pekerjaan.”

Administrasi sebagimana yang dikemukakan oleh Sudriamunawar (2002: 2) bahwa:
“Proses kerjasama antara dua atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”.

Di samping itu, menurut Siagian (2002: 3), menyatakan bahwa didalam administrasi terkandung pada tiga pengertian yaitu:
“Pertama, administrasi sebagai seni. Kedua, administrasi mempunyai unsur-unsur tertentu, yaitu adanya dua manusia atau lebih, adanya tujuan yang hendak dicapai, adanya tugas-tugas yang hendak dilaksanakan, adanya peralatan dan perlengkapan, termasuk didalamnya waktu, tempat dan sebagainya Ketiga, adanya proses kerjasama bukan hal yang baru karena ia timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia”.

Selanjutnya Pasolong (2007: 3), mengemukakan pendapatnya bahwa:
“Administrasi adalah pekerjaan terencana yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan atas dasar efektif, efisien dan rasional”.

Kemudian Tead (2003 :3), menyatakan administrasi adalah:
Conceived at the necessary activities of individuals (executives) in an organization who are charged with ordering, forwarding, and facilitating the associate efforts of group of individuals brought together to realize certain defined purpose.”
Pendapat tersebut dapat diartikan bahwa administrasi meliputi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh pejabat-pejabat dalam suatu organisasi yang bertugas mengatur, memajukan, dan melengkapi usaha kerjasama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun untuk mencapai tujuan tertentu.
Lebih lanjut Newman (2004: 2), menyatakan bahwa:
Administration has been defined as the guidance, leadership and control of the effort of a group of individuals towards some command goal.”

Maksud pendapat diatas bahwa administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan.
Berdasarkan pengertian-pengertian administrasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah keseluruhan kerjasama yang dilakukan secara terarah dalam organisasi, sesuai dengan ciri dan fungsinya masing-masing dalam suatu wadah dengan menggunakan dan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan bersama secara efektif dan efisien.

1 comment: