Monday 28 March 2016

Pengertian Bauran Pemasaran, Marketing Mix

Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Kata membaur secara harfiah dapat diartikan bercampur, namun dalam kontek bauran pemasaran ada makna yang spesifik yang membuat aturannya berbeda. Membaur berarti menyatukan satu atau dua karakter atau sifat dari unsur-unsur yang dibaurkan dimana karakter lain yang tidak ikut disatukan tetap melekat pada masing-masing unsur. Lain halnya dengan bercampur bahwa karakter dari setiap unsur ikut menyatu dan akan memunculkan karakter baru.
Dikaitkan dengan pemasaran, maka bauran pemasaran berarti menyatukan semua strategi dari semua unsur pemasaran untuk menghasilkan satu unsur yang memiliki kombinasi strategi. Pembauran ini didasarkan atas adanya teori sinergisma, yaitu hasil kombinasi dari dua unsur atau lebih akan lebih besar dari jumlah hasil masing-masing unsur tersebut secara sendiri-sendiri.
Kotler dan Amstrong (2008: 62), Bauran pemasaran adalah:
“Kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginan di pasar sasaran”.

Selanjutnya menurut Swastha (2005:42) bahwa Marketing Mix adalah:
         “Kombinasi dari empat variabel atas kegiatan yang merupakan intidari sistem pemasaran perusahaan               yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi”.

No comments:

Post a Comment