Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Kata membaur secara harfiah dapat diartikan
bercampur, namun dalam kontek bauran pemasaran ada makna yang spesifik yang
membuat aturannya berbeda. Membaur berarti menyatukan satu atau dua karakter
atau sifat dari unsur-unsur yang dibaurkan dimana karakter lain yang tidak ikut
disatukan tetap melekat pada masing-masing unsur. Lain halnya dengan bercampur
bahwa karakter dari setiap unsur ikut menyatu dan akan memunculkan karakter
baru.
Dikaitkan dengan pemasaran, maka
bauran pemasaran berarti menyatukan semua strategi dari semua unsur pemasaran
untuk menghasilkan satu unsur yang memiliki kombinasi strategi. Pembauran ini
didasarkan atas adanya teori sinergisma, yaitu hasil kombinasi dari dua unsur
atau lebih akan lebih besar dari jumlah hasil masing-masing unsur tersebut
secara sendiri-sendiri.
Kotler
dan Amstrong (2008: 62), Bauran pemasaran adalah:
“Kumpulan alat pemasaran taktis
terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginan
di pasar sasaran”.
Selanjutnya
menurut Swastha (2005:42) bahwa Marketing
Mix adalah:
“Kombinasi dari empat
variabel atas kegiatan yang merupakan intidari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi”.
No comments:
Post a Comment