Strategi
Promosi
Sementara
itu kaitannya dengan tema penulis, maka memaparkan juga tentang strategi
promosi menurut beberapa ahli. Strategi promosi menurut Moekijat (2000: 443)
adalah:
“Kegiatan perusahaan untuk mendorong
penjualan dengan mengarahkan komunikasi-komunikasi yang meyakinkan kepada para
pembeli”.
Pendapat
lain diutarakan oleh Lamb, Hair,
McDaniel (2001: 146), strategi promosi adalah:
“Rencana untuk penggunaan yang optimal dari elemen-elemen promosi:
periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan promosi penjualan”.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan
bahwa strategi promosi merupakan kegiatan yang direncanakan dengan menggunakan
berbagai variabel-variabel promosi sebagai alat dengan maksud membujuk,
merangsang konsumen agar mau membeli produk perusahaan sehingga tujuan untuk
meningkatkan penjualan diharapkan dapat tercapai.
Dari pendapat Lamb, Hair, McDaniel tentang strategi promosi dengan pendapat Saladin tentang variabel bauran
promosi, Prihartono tentang bauran promosi, Swastha tentang dimensi bauran promosi, dan
Tjiptono tentang alat-alat promosi mempunyai kesamaan bahwa strategi promosi
adalah kombinasi strategi yang terdiri dari periklanan (advertising), penjualan secara tatap
muka (personal selling), publisitas (publicity), penjualan langsung (direct selling), dan promosi penjualan (sales promotion).
Mau dapat uang di intenet tanpa modal, bahkan cuma input data saja anda sudah bisa raih uang banyak..
ReplyDeleteSebelum ketinggalan buruan ikuti, karna peluang emas ini hanya berlaku sesaat, klik sekarang disini KERJA ONLINE INPUT DATA