Monday 28 March 2016

Pengertian Pemasaran, Pemasaran, Marketing

Pemasaran (Marketing)

Ruang lingkup manajemen sangat luas cakupannya, salah satunya adalah manajemen pemasaran. Dalam manajemen pemasaran kita perlu mempelajari bagaimana perusahaan mampu menawarkan tiap produknya. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memikirkan kegiatan pemasaran produknya, jauh sebelum produk dihasilkan sampai dengan produk tersebut dikonsumsikan oleh konsumen akhir.
Menurut Kotler (Saladin, 2004: 2), pemasaran adalah:
A social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and throught creating, offering exchanging product of value with other”.

Berdasarkan pendapat tersebut bahwa pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok orang memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
Selanjutnya Kotler dan Amstrong (2008: 6), berpendapat bahwa pemasaran adalah:
“Proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya”.

Dari pendapat tersebut, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan serangkaian aktivitas organisasi dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan.

No comments:

Post a Comment