Pemasaran
(Marketing)
Ruang lingkup manajemen sangat
luas cakupannya, salah satunya adalah manajemen pemasaran. Dalam manajemen
pemasaran kita perlu mempelajari bagaimana perusahaan mampu menawarkan tiap
produknya. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memikirkan kegiatan
pemasaran produknya, jauh sebelum produk dihasilkan sampai dengan produk
tersebut dikonsumsikan oleh konsumen akhir.
Menurut Kotler (Saladin, 2004:
2), pemasaran adalah:
”A social and managerial process by which
individuals and groups obtain what they need and throught creating, offering
exchanging product of value with other”.
Berdasarkan pendapat tersebut
bahwa pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau
kelompok orang memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
Selanjutnya
Kotler dan Amstrong (2008: 6), berpendapat bahwa pemasaran adalah:
“Proses dimana perusahaan
menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya”.
No comments:
Post a Comment